Senin, 21 Juli 2014

KURIKULUM

     Paud An Nahl menerapkan Kurikulum Holistik Berbasis Karakter. Pendidikan dengan mengembangkan seluruh aspek kecerdasan anak berdasarkan potensinya masing-masing, dan menekankan pendidikan karakter atau akhlak, dan sekaligus juga diintegrasikan dengan nilai-nilai agama. Anak-anak juga dibiasakan mendengar dan menggunakan bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. 
     Sistem pembelajarannya melibatkan semua aspek pengetahuan/knowledge, keterampilan/skill, sifat alamiah/disposition, dan perasaan/feeling. Pikiran, imajinasi, keterampilan, sifat alamiah, dan emosi anak bekerja secara bersamaan dan saling berhubungan. 
     Sistem pembelajaran yang menerapkan seluruh apek perkembangan anak ini, akan melahirkan perkembangan intelektual, sosial dan karakter anak sehingga dapat terbentuk secara simultan. Karakter yang telah terbentuk baik sejak usia dini akan membekas dan menjadi permanen diusia dewasa.       Disamping itu aspek bahasa anak juga dikembangkan dengan menerapkan ‘whole language’ yaitu membuat lingkungan dipenuhi dengan bacaan sehingga anak terbiasa melihat dan membaca tanpa disengaja dan tanpa menyiapkan waktu khusus. Alhamdulillah sampai sekarang telah berjalan selama 7 tahun lebih, PAUD An Nahl mengembangkan model pendidikan tersebut, hasilnya betul-betul terasa dan kelihatan pada anak-anak PAUD An Nahl serta dapat dinilai dan dinikmati masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar