Senin, 09 Maret 2015

Bunda dari Sherly Achidsty
murid kelas Mandiri Kelompok Bermain
PAUD  An Nahl

Tanggal 07 Februari 2015 yang lalu, adalah kegiatan Family Gathering Paud An-Nahl yang terdiri dari murid-murid, orang tua/wali murid dan pendidik PAUD An Nahl. Kami melaksanakan kunjungan edukasi ke Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi. Kata bunda guru kunjungan edukasi ini adalah untuk merealisasikan tema pelajaran anak-anak tentang Binatang, Rekreasi dan Transportasi.
      Saya dan anak saya Sherly, sudah bersiap-siap dari subuh, karena kami harus berkumpul disekolah sebelum jam delapan. Subhanallah,sebelum berangkat, kami diberi karunia oleh Allah Ta'ala.Mau tau ngga' karunianya apa? Ya deh saya kasih tahu "HUJAN" saudara-saudara!Pagi yang diberkahi. Karena kami takut ketinggalan bus, jadi hujan kami terobos aja heheee.
      Oh ya,,kami pergi rame sekali. Ada 4 buah bus pariwisata, 8 mobil pribadi, bahkan ada yang berangkat pakai motor juga lho. Setelah kami nyampe dikebun binatang, bunda guru ngasih anak-anak sebuah lembaran tugas yang mesti dikerjakan bersama orang tua.Jadi orang tua dan anak harus bekerja sama..Seru kan!!!, Momen yang jarang kami dapatkan kalau dirumah (waduh jadi curhat deh...)

Anak-anak ditemani ayah bunda berkeliling kebun binatang, melihat, memperhatikan, seraya bermain, bersenang-senang dan belajar bersama.

Anak-anak mengisi happy worksheet tentang nama-nama binatang,jumlah kaki dan makanannya. Eiiit tunggu dulu,... Happy worksheet itu ada rambu-rambu dari bunda guru lho! Rambu-rambunya kira-kira begini:

1. Worksheet ini dinamakan happy worksheet, harapan bunda guru anak-anak bisa mengerjakannya dengan senang hati,gembira dan penuh keceriaan.
  2. worksheet ini dikerjakan dengan sukarela
  3. Ayah bunda hanya membantu mengarahkan dan mendorong anak untuk mengerjakan
  4. Sebisanya tidak memaksa anak menulis kalau tidak mau
  5. Tidak apa-apa kalu belum mau
  6. Tidak ada hukuman bagi yang tidak mengerjakan
  7. Biarkan anak untuk mandiri, bertanggung jawab, disiplin percaya diri dan kreatif
  8. Semoga kita berhasil mendidik anak-anak kita menjadi anak yang berkarakter.

Tapi anehnya hampir semua anak bisa mengerjakan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Alhamdulillah, anak-anak ceria dan ayah bundapun senang.Setelah tugas selesai kami mengumpulkannya pada bunda guru lalu kami kembali berkumpul di base camp, dekat benteng Fort de Cock.
       Tiba waktunya makan siang. Kami makan bersama dan saling menukar bekal, ada yang membawa sambalado, goreng ayam, krabu ikan, anyang alias urap dan ngga ketinggalan sambal yang mendunia yaitu goreng jengkol, hehe.
       Selesai makan, waktu zuhurpun menjelang, lalu kami shalat zuhur. Kemudian bunda guru mengumumkan bahwa kami boleh menikmati acara bebas, boleh jalan-jalan ke Jam Gadang, atau ke pasar, atau ke Ramayana, atau yang lainnya, tapi kami harus berkumpul kembali jam 15.00 dan bersiap-siap untuk pulang.
       Kami memilih pergi ke Jam Gadang dengan berjalan kaki karena jaraknya tidak terlalu jauh. Disana banyak badut-badut,ada tokoh Marsha,Mickey Mouse,Shaun the Sheep dan lainnya. Karena anak saya Sherly sangat suka dengan Marsha maka kami abadikan dengan foto bareng dengan badut-badut tersebut.
       Setelah puas bermain di Jam Gadang kami pergi ke pasar, sentra oleh-oleh pasar atas Bukittinggi.Selanjutnya  kami kembali lagi deh ke benteng Fort de Cock. Sambil menunggu teman-teman yang lain kami berfoto bersama bunda guru dan yang lainnya.

Setelah itu kami kembali ke bus masing-masing untuk pulang. Kami berhenti dulu beli oleh-oleh serba jagung di F1 Aina. Saya membeli kolak jagung,pergedel dan jagung rebus. Setelah selesai kami melanjutkan perjalanan pulang,tapi tiba-tiba di Ngalau Sampik, sentra oleh-oleh sanjai, bus berhenti lagi. Lengkap sudah oleh-oleh dengan keberadaan sanjai. Akhirnya kami pulang menjelang magrib, Alhamdulillah.