KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menerima ajaran agama
yang dianut
|
1.1
Mempercayai adanya
Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2
Menghargai diri
sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
2.
Memiliki perilaku
hidup sehat, rasa ingin tahu kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin,
mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan
santun dalam berinteraksi dengan keluarga guru dan teman
|
2.1
Memiliki perilaku yang
mencerminkan hidup sehat
2.2
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap kreatif
2.4
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap estetis
2.5
Memiliki perlaku yang
mencerminkan sikap percaya diri
2.6
Memiliki sikap dan perilaku
yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
2.7
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika
orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.8
Memiliki perilaku
yang mencerminkan kemandirian
2.9
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan
mau membantu jika diminta bantuannya
2.10
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap kerjasama
2.11
Memiliki perilaku
yang dapat menyesuaikan diri
2.12
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap jujur
2.13
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, guru dan teman
|
3.
Mengenali diri,
keluarga, teman,guru, lingkungan sekitar, tekhnologi, seni, dan budaya di
rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara mengamati dengan indra
(melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya, mengumpulkan
informasi/mengasosiasikan dan mengkomunikasikan melaluikegiatan bermain
|
3.1
Mengenal kegiatan
beribadah sehari-hari
3.2
Mengenal perilaku
baik sebagai cerminan akhlak mulia
3.3
Mengenal anggota tubuh,
fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
3.4
Mengetahui cara hidup
sehat
3.5
Mengetahui cara
memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
3.6
Mengenal benda-benda
disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi dan ciri-ciri lainnya
3.7
Mengenal lingkungan sosial
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
3.8
Mengenal lingkungan
alam (Hewan, tanaman, cuaca, tanah,air, batu-batuan, dll)
3.9
Mengenal teknologi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan)
3.10
Memahami bahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
3.11
Memahami bahasa
ekspresif (berbicara dabn menulis)
3.12
Mengenal keaksaraan
awal melalui bermain
3.13
Mengenal emosi diri dan orang lain
3.14
Mengenali kebutuhan,
keinginan, dan minat diri
3.15
Mengenal berbagai
karya dan aktivitas seni
|
4.
Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan
dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak
mulia
|
4.1
Melakukan kegiatan
beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
4.2
Menunjukkkan perilaku
santun sebagai cerminan akhlak mulia
4.3
Menggunakan anggota
tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
4.4
Mamapu menolong diri
sendiriuntuk hidup sehat
4.5
Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
4.6
Menyampaikan tentang
apa dan bagaimana benda-benada disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan cirri-ciri lainnya)
melalui berbagai hasil karya
4.7
Menyajikan berbagai
karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang
lingkungan social (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya,transportasi)
4.8
Menyajikan berbagai
karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.9
Menggunakan teknolodi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan,
dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
4.10
Menunjukkan kemampuan
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.11
Menunjukkkan
kemampaun bahasa ekspresif (berbicara dan menulis)
4.12
Menunjukkan kemampuan
aksaraan awal dalam berbagai bentuk
karya
4.13
Menunjukkkan reaksi
emosi diri secara wajar
4.14
Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
4.15
Menunjukkan karya dan
aktifitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
Selasa, 22 September 2015
PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR (LAHIR- 6 TAHUN)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar