Selasa, 22 September 2015

PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR (LAHIR- 6 TAHUN)

# KURTILAS



KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menerima ajaran agama yang dianut
1.1       Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2       Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.   Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga guru dan teman
2.1       Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.4       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.5       Memiliki perlaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.6       Memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
2.7       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.8       Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.9       Memiliki  perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
2.10    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama
2.11    Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
2.12    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
2.13    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, guru dan teman
3.   Mengenali diri, keluarga, teman,guru, lingkungan sekitar, tekhnologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya, mengumpulkan informasi/mengasosiasikan dan mengkomunikasikan melaluikegiatan bermain
3.1       Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
3.2       Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
3.3       Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
3.4       Mengetahui cara hidup sehat
3.5       Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
3.6       Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan ciri-ciri lainnya
3.7       Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
3.8       Mengenal lingkungan alam (Hewan, tanaman, cuaca, tanah,air, batu-batuan, dll)
3.9       Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan)
3.10    Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11    Memahami bahasa ekspresif (berbicara dabn menulis)
3.12    Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
3.13     Mengenal emosi diri dan orang lain
3.14    Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
3.15    Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.   Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
4.1       Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
4.2       Menunjukkkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
4.3       Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
4.4       Mamapu menolong diri sendiriuntuk hidup sehat
4.5       Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
4.6       Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benada disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan cirri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
4.7       Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan social (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,transportasi)
4.8       Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.9       Menggunakan teknolodi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
4.10    Menunjukkan kemampuan bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.11    Menunjukkkan kemampaun bahasa ekspresif (berbicara dan menulis)
4.12    Menunjukkan kemampuan aksaraan  awal dalam berbagai bentuk karya
4.13    Menunjukkkan reaksi emosi diri secara wajar
4.14    Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
4.15    Menunjukkan karya dan aktifitas seni dengan menggunakan berbagai media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar