Senin, 29 Juni 2015

RAMADHAN 1436 H

Aybun,...Kenapa ilmu pengetahuan begitu berkembang di zaman khalifah Ustman bin Affan?

    Hasil gambar untuk gambar Alquran

    Ternyata Ustman bin Affan sangat memperhatikan masalah pendidikan terutama pendidikan anak-anak. Anak-anak sudah dibiasakan menghafal Alqur'an dari umur 3 th-6 th 10 juz, 6 th- 9 th 10 juz ditambah ilmu nahwu dan sharaf, 9 th- 12 th 10 juz plus ribuan hadist n syair.
    Di zamannya, anak-anak sedari umur 3 tahun sudah dilatih dan dididik untuk berpuasa, walaupun hanya setengah hari. Dilatih dan dididik menghafal Alqur'an, shalat dan shalat berjama'ah di masjid serta ibadah-ibadah lainnya.
    Kemudian mereka memberi anak-anak hadiah untuk pencapaian ibadah yang telah mereka lakukan dengan tujuan penyemangat dan penggembira buat mereka. Sembari terus diberi penjelasan bahwa hadiah yang disediakan Allah bagi yang taat beribadah sungguh tiada bandingan dengan hadiah yang aybun berikan.
    Aybun takut anak-anak tidak ikhlash kalau selalu diiming-imingi hadiah? O ow ternyata tidak aybun. Anak-anak belum tahu membedakan ikhlash dan tidak ikhlash. Keikhlashan aybun juga tidak akan terganggu karena memberikan hadiah. Kelak seiring dengan bertambahnya usia mereka insyaAllah mereka akan mengerti, dan tak kan selamanya mereka beribadah tergantung pada hadiah :)
    Aybun khawatir bahwa anak-anak mesti paham dulu arti dan maksud baru mulai menghafal Alqur'an?Ternyata tidak aybun. Tahapannya adalah menghafal, memahami sembari menghafal, kemudian menghafal memahami dan melaksanakan. Begitulah yang telah dipraktekkan oleh para salafusholeh. Wallahua'lam. (Disarikan dari tausiah syaikh Ali Jabeer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar