Senin, 20 April 2015

KEUTAMAAN ORANG BERILMU

RESUME KULIAH 
@ Rumah Belajar An Nahl
Oleh : MURNIATI
Pendidik TK An Nahl, Bunda Hauzan
Narsum : Betty Arianti

     Allah Ta'ala telah memberikan suatu karunia kepada manusia yang tiada ternilai harganya. Karunia inilah yang membedakan manusia dengan hewan, yakni manusia dikaruniai akal. Dengan adanya karunia ini manusia dapat berperilaku dan bertindak sesuai korodor kemanusiaan. Karena dengan akal kita dapat berfikir sebelum bertindak.
     Hanya orang yang mempunyai ilmu yang dapat mempergunakan akal dengan baik. Maka untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang banyak dan luas haruslah dengan belajar.
     Dalam majlis kita telah kita pelajari tentang apa itu belajar, kenapa belajar, untuk apa belajar, kepada siapa belajar, dimana belajar, bagaimana belajar, dsb
      Juga banyak ayat allah yang menyuruh kita untuk belajar agar punya ilmu dan Allah juga mengangkat derajat orang yang berilmu diantara firman allah adalah 
QS Al Mujadilah II yang artinya "Bahwa Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu"
QS Al Baqarah 269
"Orang yang berakal lah yang dapat mengambil pelajaran, Ilmu pengetahuan adalah kunci memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat 
     Jika seseorang yang beriman telah di bekali ilmu (kepandaian) maka ia akan sulit mendapat derajat yang tinggi disisi Allah  SWT karena ilmu dan iman adalah komponen yang utama harus kita miliki dalam melakukan ibadah .
    Dalam hadist juga banyak menyebutkan keharusan kita untuk menuntut ilmu.
     "Siapa yang ingin keduhipan di dunia maka harus dengan ilmu, Siapa yang ingin kehidupan akhirat maka harus dengan ilmu dan siapa yang ingin kebahagiaan keduanya (didunia dan akhirat) maka haruslah dengan ilmu" (Hadist)
     "Menuntun ilmu adalah kewajiban setiap muslim (Hadist ilmu Majah)
   "Siapa yang menempuh jalan dalam rangka menunut ilmu pengetahuan, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. (HR Bukhari)
     Oleh karena itu marilah kita memacu diri kita untuk terus belajar dan belajar.
    Jadikan setiap yang kita lihat dan alami sebagai pelajaran bagi kita, Dan jangan malu bertanya tentang apa yang telah kita ketahui, Pelajarilah segala ilmu yang bermanfaat karena tidak akan rugi belajar. 
     Mudah-mudahan kita dapat mengamalkan serta mengerjakan setiap ilmu yang kita pelajari, amin :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar